Unik, Suara Hewan Ini Seperti Orang Tertawa


Dari zaman ke zaman, berbagai spesies baru telah ditemukan dan mungkin untuk ke depannya juga masih banyak spesies baru yang belum ditemukan. Dari hasil ekspedisi ilmiah ke kepulauan dan laut wilayah Filipina, sebanyak 75 spesies baru telah ditemukan. Diantaranya ada serangga seperti belalang yang memiliki nama latin Cicada. Hewan ini memiliki keunikan tersendiri diantara jenis serangga lainnya. Jika bersuara, hewan ini mirip seperti orang yang sedang tertawa. Selain itu, ada pula ikan hiu berpunggung coklat yang kemudian dijuluki dengan sebutan hiu kucing.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh pemeliti California Institute of Science dan peneliti Filipina, mereka telah menemukan beragam spesies bintang laut, landak laut, belut dan barnacles (sejenis teritip) yang diyakini belum pernah dilihat ilmuwan sebelumnya. “Kami menemukan setidaknya 75 spesies baru. Mungkin lebih. Analisi lanjut dibutuhkan. Namun yang tak perlu dipertanyakan lagi, kami menemukan 20 spesies bintang laut dan landak laut,” ujar Richard Mooi, salah satu ilmuwan dari California yang terlibat langsung dalam penelitian ini.
John McCosker, peneliti lain yang juga terlibat, mengatakan bahwa ilmuwan juga menemukan “hiu kucing” berukuran 60 cm dan memakan udang. Punggung hiu itu berwarna coklat dengan garis gelap dan bagian perut berwarna putih. Mengungkapkan temuan lain, Terry Gosliner, dekan California Academy, mengatakan, “Kami menemukan spesies belut baru, spesies pipe fish yang mungkin baru, serta spesies barnacles dan nudibranch (keluarga siput) baru.”
Penemuan yang paling tak biasa diperoleh pakar serangga Filipina, Irene Lit. Ia menemukan beberapa spesies serangga, termasuk cicada yang menghasilkan suara mirip orang tertawa terbahak-bahak. “Penduduk lokal takut terhadapnya. Mereka pikir itu suara kurcaci yang sedang tertawa,” katanya.
Lit menemukan spesies itu di Gunung Banahaw, gunung setinggi 2.158 meter di Pulau Luzon. Lit yang menjadi direktur museum di Universitas Filipina mengatakan, ia akan mengontak Paris Museum of Natural History di Perancis untuk mengonfirmasi bahwa cicada itu merupakan spesies baru.

0 komentar:

Posting Komentar